Business

Latest Updates

LAPORAN PKM

LAPORAN PKM

CONTOH LAPORAN PKM
KATA PENGANTAR

Syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah Subhana Wa Ta’ala telah memberi rahmat dan hidayah-NYA kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan laporan PKM (Pemantapan Kerja Mengajar) ini sebagai salah satu tugas praktek mengajar untuk menyelesaikan program studi kami pada Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Makassar.

Segala usaha dan upaya telah dilakukan penulis untuk menyelesaikan laporan PKM ini dengan sebaik mungkin, namun penulis menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini tidak luput dari berbagai kekurangan sebagai akibat keterbatasan kemampuan, olehnya itu, saran dan kritik serta koreksi diri dari berbagai pihak demi perbaikan dan penyempurnaan akan penulis terima dengan baik.

Penulis menyadari bahwa tanpa bantuan dari berbagia pihak, laporan PKM ini tidak akan terselesaikan, olehnya itu penulis menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Bpk Drs. H.M.Hanis Nur, M.si selaku Dosen Pembimbing yang telah meluangkan waktunya untuk memberi arahan, motivasi, serta bimbingannya dengan kesabaran dan ketulusan kepada penulis dalam penyelesaian laporan PKM ini.

Tidak lupa penulis juga menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada :

  1. DR. A. Syukri Syamsuri, S.Pd., M.Hum selaku Dekan Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan
  2. DR. H. Bahrun Amin, M.Hum Selaku Pembantu Dekan I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  3. Sulfasyah, S.Pd., M.A. selaku Ketua Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  4. Muh.Basri,Ama.Pd selaku Kepala sekolah SD Inpres Sero atas perlindungannya dan bersedianya dengan suka cita menempatkan kami praktek mengajar di SD Inpres Sero.
  5. Para guru pamong SD Inpres Sero atas waktu, tenaga, dan bimbingannya selama kami melaksanakan proses PKM.
  6. Teman teman sejurusan dari kampus yang terdiri atas 7 kelompok, atas segala bantuan dan masukan selama proses PKM.


00

BAB I

PENDAHULUAN

Pe5ndidikan merupakan salah satu faktor yang cukup berperan penting dalam peningkatan mutu atau kualitas sumber daya manusia. Dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia yang sangat diperlukan dalam pembangunan bangsa dan negara khususnya dalam bidang pendidikan, maka peningkatan mutu pendidikan merupakan hal yang harus dilakukan di Indonesia pada umumnya dan di sekolah sekolah khususnya. Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di sekolah, maka tidak terlepas dari tugas seorang guru sebagai pendidik maupun sebagai pengajar.

Untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di sekolah utamanya dalam kelas, seorang guru dituntut untuk mampu memahami, menguasai, dan mempraktekkan kurikulum yang berlaku. Salah satunya adalah dengan melaksanakan program Pemantapan Kegiatan Mengajar atau biasa disingkat dengan PKM.


A. Pentingnya Pelaksanaan PKM

Secara operasional proses PKM diyakini mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa karena dalam tahapan PKM ini ada berbagai ragam metode dan variasi yang diterapkan antara lain :

- Pembahasan RPP sebelum memulai proses pembelajaran

- Implementasi RPP

- Refleksi setelah selesai prektek mengajar dengan teman kelompok

- Bimbingan dari guru pamong berupa komentator dan revisi RPP

Dengan demikian akan tercapai kompetensi yang diharapkan sesuai dengan perkembangan kurikulum guna pencapaian tujuan instruksional.


B. Keadaan Sekolah

1. Kondisi Sekolah

SD Inpres Sero terletak di jalan Karaeng Leo Sero (Gowa) yang terdiri Ruang Kepala Sekolah, Ruang Guru, Kelas, Perpustakaan, WC Siswa, dan WC Guru dan pembelajaran dilakukan pada pagi hari sampai sore hari mulai pukul 07.30 – 17.00. Dalam hal ini ada kelas yang masuk pagi dan masuk siang.

2. Tenaga Pendidik

Tenaga pendidik yang ada di SD Inpres Sero berjumlah 18 orang, terdiri dari kepala sekolah, guru kelas, guru bidang studi. dan staf dengan perincian sebagai berikut:

No

Nama

JABATAN

KELAS

1

Muh.Basri.A.ma Pd

NIP. 195112311979031103

Kepala Sekolah

2

Hj. Husna Saadang, A.Ma

NIP. 196007201980122009

Wakil KepSek dan Guru kelas

Kelas VIa

3

Ummi Kalsum S.pd

NIP. 198208252005022004

Guru Kelas

Kelas Va

4

Hj. Kartini S.pd

NIP. 196308071989082001

Guru Kelas

Kelas IVa

5

Hj. Nurmala S.Pd

NIP. 197003271992102001

Guru Kelas

Kelas IIIa

6

Aslinda A.Ma

NIP. 196012061982032011

Guru Kelas

Kelas IIa

7

Nurbaya Abduh. S.Ag

NIP. 195301271978012001

Guru Kelas

Kelas Ia

8

Sitti Suruga

NIP. 195607011979102003

Guru Kelas

Kelas Ib

9

Rahmawaty

Guru Kelas

Kelas IIb

10

Rostina A.Ma

Guru Kelas

Kelas IIIb

11

Nursiah A.Ma

Guru Kelas

Kelas IVb

12

Nurwahida S.sos

Guru Kelas

Kelas Vb

13

Elywana A.Ma

Guru Kelas

Kelas VIb

14

Nursaid , SE, M.Si

Bahasa Ingris

15

Hasbiah S.pdi

Guru Agama Islam

16

Hj. Hatika S.Pdi

NIP. 19602251989032004

Guru Agama Islam

17

Abd Jalil

Satpol PP / keamanan

18

Siddik

Bujang sekolah

C. Aspek Aspek Penilaian :

1. Instrumen Penilain RPP

Aspek yang diamati antara lain :

a. Perumusan Masalah meliputi :

- Kejelasan masalah

- Sifat masalah

- Pemecahan melalui perbaikan pembelajaran

b. Rumusan Kompetensi dan indikator meliputi :

- Kejelasan rumusan masalah

- Kelengkapan cakupan rumusan

- Kesesuaian indikator dengan kompetensi dasar.

c. Pemilihan dan pengorganisasian materi ajar meliputi :

- Kesesuaian materi dengan kompetensi

- Kesesuaian dengan karakter peserta didik

- Keruntutan dan sistematik/organasisasi amteri

- Kesesuaian materi dengan alokasi waktu

d. Pemilihan sumber/media belajar meliputi :

- Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran dengan kompetensi

- Kesesuaian sumber belajar/media dengan materi pelajaran

- Kesesusiana sumber belajar/media dengan karakter peserta didik

e. Strategi pembelajaran meliputi :

- Kesesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan kompetensi

- Kesesuian starategi dan metode pembelajaran dengan materi pelajaran

- Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan karakter peserta didik

- Kesesuian penerapan strategi pembelajaran dengan alokasi waktu

f. Penilaian hasil belajar meliputi :

- Kesesuaian teknik penialian dengan kompetensi

- Kesesuaian item soal dengan indicator

- Kejelasan prosedur penilaian

2. Instrumen Penilaian Praktek Mengajar

Aspek yang diamati

a. Pra Pembelajaran meliputi :

- Kesiapan ruang, alat dan media

- Memeriksa kesiapan siswa

b. Membuka pelaajran meliputi :

- Kesesuaian kegiatan apersepsi dengan materi ajar

- Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai

c. Kegiatan inti pembelajaran :

1.Penguasaan materi pelajaran

- Menunjukkan penguasaan materi pelajaran

- Mengaitkan matewri dengan pengetahuan lain yang relevan

- Menyampaikan materi ajar sesuai dengan hierarki belajar

- Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan

2. Pendekatan/strategi pembelajaran

- Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai

- Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa

- Melaksanakan pembelajaran secara runtut

- Menguasai kelas

- Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual

- Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif

- Melaksanakan pembelajran sesuai dengan waktu yang telah dialokasikan

3. Pemanfaatan media pembelajaran dan pembelajaran yang menantang serta memacu keterlibatan siswa

- Menujukkan ketrampilan dalam penggunaan media

- Menghasilkan pesan yang menarik

- Menggunakan media secara efektif dan efisien

- Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media

4. Penilaian proses dan hasil belajar

- Menumbuhkan parsitipasi aktip siswa dalam pembelajaran

- Meresp[ons positif parsitipasi siswa

- Memfasiltasi terjadinya interaksi guru, siswa dan sumber belajar

- Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon siswa

- Menujukkan hubungan antar pribadi yang kondusif

- Menunbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar

5. Penggunaan bahasa

- Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancer

- Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar

d. Penutup

- Melakukan refleksi pembelajran dengan melibatkan siswa

- Menyusun rangkuman dengan melibatkan siswa

- Melaksanakan tindak lanjut

3. Lembar observasi Aktivitas Siswa

Aspek yang diamati:

a. Pra Pembelajaran meliputi :

- Siswa menempati tempat duduknya masing masing

- Kesiapan menerima pelajaran

b. Kegiatan Membuka pelajaran

- Siswa mampu menjawab pertanyaan apersepsi

- Mendengarkan secara seksana saat dijelaskan kompertensi yang hendak dicapai

c. Kegiatan inti pembelajaran :

1. Penjelasan materi pelajaran

- Memperhatikan dengan serius ketika dijelaskan materi pelajaran

- Aktif bertanya saat proses penjelasan materi

- Adanya interaksi positif antar siswa

- Adanya interaksi posistifa antar siswa- guru- siswa-materi pelajaran

2. Pendekatan/Strategi belajar

- Siswa terlibat aktif dalam kegiatan belajar

- Siswa memberikan pendapatnya ketika diberi kesempatan

- Aktif mencatat berbagai penjelasan yang diberikan

- Siswa termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran

- Siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dengan tenang tidak merasa tertekan

- Siswa merasa senang menerima pelajaran

3. Pemanfaatan media pembelajaran dan pembelajaran yang menantang serta memacu keterlibatan siswa

- Adanya interaksi positif antar siswa dan media pembelajaran yang digunakan guru

- Siswa tertarik pada materi yang disajikan dengan media pembelajaran

- Siswa tampak tekun mempelajari sumber belajar yang ditentukan guru

d. Penilaian proses dan hasil belajar

- Siswa merasa terbimbing

- Siswa mampu menjawab dengan benar pertanyaan yang diajukan guru

e. Penggunaan bahasa

- Siswa mampu mengemukakan pendapatnya dengan lancer

- Siswa mampu mengajukan pertanyaan dengan lugas

f. Penutup

- Siswa secara aktif memberi rangkuman

- Siswa menerima tugas tindak lanjut dengan senang

4. Daftar Kelompok Mahasiswa yang terdiri atas :

1 Ketua

3. Sekretaris

4. Anggota

5. Jadwal rencana/pembahasan RPP kegiatan PKM yang meliputi :

a. Hari/Tanggal/jam

b. Jenis kegiatan

c. Tempat

d. Pimpinan diskusi




BAB II

PELAKSANAA PKM

Waktu Pelaksanaan PKM

Rencana pelaksanaan PKM ini selama hampir 2 bulan yakni dari bulan September sampai bulan Oktober (4 putaran) dihitung dari tanggal 27 September sampai tanggal 27 Oktober 2011

A. JADWAL PKM

Lampiran 1

I. Daftar kelompok Mahasiswa PKM SD Inpres Sero (Gowa)

Ketua : Arief Rahman. S

Sekertaris : Asmina Astuty

Anggota : 1. Sari Bulan

2. Rahmiati

3. Samsinar

II. Uraian Kegiatan PKM Mahasiswa Konversi S1-PGSD

NO

Tanggal

Jenis Kegiatan

Tempat

Pelaksanan Diskiusi

Ket

1


Pembahasan RPP





Implementasi RPP dan Observasi





Refleksi





B. KEGIATAN PUTARAN I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan : SD Inpres Sero

Mata Pelajar : Tematik (IPA,PKn,MATEMATIKA)

Tema : Diri Sendiri

Kelas / Semester : I / I (Satu)

Alokasi Waktu : 2 X 35 Menit

A. Standar Kompetensi

1. IPA : Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara

perawatannya.

2. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.

4. Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan

sampai 20.

B. Kompetensi Dasar :

1. IPA :

· Mengenal bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.

2. PKN :

· Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.

3. Matematika :

· Membilang banyak benda .

· Mengurutkan banyak benda.

I. Tujuan Pembelajaran :

· Siswa dapat menunjukkan bagian-bagian anggota tubuhdan kegunaannya.

· Siswa dapat menjelaskan dan membiasakan merawat tubuhnya.

· Siswa dapat menjelaskan cirri-ciri fisik dari laki-laki dan perenpuan.

· Siswa dapat menyebutkan kegiatan dan permainan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.

· Siswa dapat menyebutkan banyak benda.

· Siswa dapat membandingkan dua kumpulan benda.

· Siswa dapat membaca dan menuliskan lambing bilangan.

· Siswa dapat mengurutkan bilangan dengan pola teratur.

· Siswa dapat membilang loncat 2, 3 dan 4.

v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

Kerja sama ( Cooperation )

Toleransi ( Tolerance )

Percaya diri ( Confidence )

Keberanian ( Bravery )

II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :

· Bagian-bagian anggota tubuh, kegunaan dan cara perawatan.

· Kalimat sederhana untuk memperkenalkan diri.

· Hidup rukun dalam perbedaan

· Identitas diri, keluarga dan kekerabatan.

· Oprasi hitung.

III. Metoda Pembelajaran :

· Ceramah

· Diskusi.

· Tanya jawab.

· Demontrasi.

· Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :

A. Kegiatan awal :

Apresepsi/ Motivasi :

· Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.

· Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.

· Mengumpulkan tugas/ PR

B. Kegiatan inti :

Minggu I

Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)

§ Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Mengamati model/ gambar anggota tubuh.

F Menyanyikan lagu “ dua mata saya “

F Menunjukkan gambar dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh

§ Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

- Melakukan diskusi sederhana tentang perbedaan fisik antara laki-laki dan perempuan.

-Menyebutkan perbedaan tugas antara laki-laki dan perempuan.

- Melakukan tanya jawab tentang hak dan kewajiban laki-laki dan perempuan.

- Mengamati benda yang ada di sekeliling siswa ( meja, buku, tas, dll )

- Membilang benda yang ada di sekeliling siswa dengan jumlah 1- 5 .

- Menyimpan kartu bilangan pada jumlah benda dengan tepat.

- memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

- memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

- memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;

- memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

- memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

-memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

-memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

- memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

-Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

C. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

-Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.

-Mengerjakan post tes

- Pemberian PR / tugas

V. Alat dan Sumber Belajar

  • Buku Sumber :

-Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan

-Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan

-Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.

  • Alat Peraga :

- Gambar anggoa tubuh.

-Gambar keluarga dari majalah / foto keluarga.

-Kartu huruf

-Kartu bilangan.

VI. Penilaian Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

1. IPA :

· Menunjukkan bagian-bagian tubuh ( mata, hidung, telinga, gigi, dll)

· Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.

· Menunjukkan cara merewat tubuh.

· Membiasakan merawat tubuh agar tumbuh sehat dan kuat.

2. PKN :

· Menjelaskan ciri-ciri fisik perbedaan antara perempuan dan laki-laki.

· Menceritakan kegiatan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.

· Menyebutkan jenis permainan yang dilakukan oleh anak laki-laki dan anak perempuan.

3. Matematika :

· Menyebutkan banyak benda.

· Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak dan lebih sedikit.

· Membaca dan menulis lambing bilangan.

· Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil.

· Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur mulai dari yang terbesar.

· Membilang loncat 2, 3, dan 4.

· berbagai ukuran bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada hasil karya dua dimensi di alam sekitar.

Tes lisan Tes tertulis

pilihan ganda

isian

1. IPA :

Silanglah a, b atau c pada jawaban yang tepat !

1. ini gambar ………..

a. mata

b. telinga

c. kaki

2. bila kita makan menggunakan

a. tangan

b. Hidung

c. mulut.

3. membaca menggunakan ......

a. rambut

b. mata

c. Perut

4. mata saya ada ....

a. satu

b. dua

c. tiga.

5. supaya bersih gigi harus .....

a. dicuci

b. digosok

c. dicabut

· PKN :

Isilah titik-titik di bawah ini !

1. ibu saya seorang ...................

2. anak perempuan bermain .............

3. layang-layang dimainkan oleh anak ................

4. sesama teman harus selalu ...........

5. bertengkar perbuatan ..........

· Matematika :

1. gambar kelereng ada .........................

2. gambar bunga ada ........................

3. gambar pensil ada ...........................

4. bangku di kelas ada ......................

5. penghapus papan tuls di kelas ada .................

· Lembar observasi.

I. Kriteria Penilaian

1. Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

2. Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

Kerjasama

Partisipasi

* bekerjasama

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

* aktif berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

4

2

1

3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1







2







3







4
















CATATAN :

Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.


Makassar, Oktober 2011

Mahasiswa PKM


ARIEF RAHMAN. S

Nim K. 10540 04731 10

Menyetujui,

Dosen Pembimbing. GuruPamong


Drs. H.M Hanis Nur. M.si Nurbaya Abduh, S.Ag

NIP : 19490421 197003 1 1013 NIP : 19601206 198203 2011


Kepala SD Inpres Sero


Muh. Basri. Ama, Pd

NIP: 19541231 197903 1103



1. Pembahasan RPP

Tema : Diri Sendiri


2. Implementasi RPP

Mengadakan perkenalan diri kepada siswa selama 7 menit, apersepsi, kemudian memasang gambar dengan Tema Diri Sendiri kemudian guru memberikan penjelasan . Dan dengan memperhatikan media yang dipasang di papan tulis, siswa diharapkan dapat mengetahui . Dan setiap akhir pelajaran guru memberikan evaluasi kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami pelajaran yang telah di pelajari.


3. Hasil Refleksi Pembelajaran

Ø Perkenalan diri cukup 5 menit.

(Guru Pamong)

Ø Menyampaikan tujuan pelajaran perlu dilakukan agar indikator pengajaran tercapai, dengan cara memberikan langsung kepada siswa, mengaitkan mata pelajaran yang satu dengan yang lain karena menyangkut model pengajaran tematik di kelas rendah.

ü IPA : Menyebutkan bagian-bagian tubuh, anggota tubuh,

kegunaan serta cara perawatannya.

PKn : Menyebutkan perbedaan 2 ciri fisik anak lelaki dan

perempuan

Matematika : Menyebutkan banyak benda, banyak anggota tubuh

manusia dan dapat menuliskan lambang bilngan 1 sd 20



BAB III

HAMBATAN DAN PEMECAHANNYA

A. Hambatan

Selama PKM ada beberapa kendala yang dijumpai di lapangan yang penulis bisa prediksi merupakan juga suatu masalah antara lain : .

1. Guru pamong di sekolah kurang mengerti mekanisme pelaksanaan PKM.

2. Siswa rnasih berkelompok.

3. Pada saat jam pelajaran berlangsung siswa seringkali bermain-main, ribut.

4. Siswa memandang kepada para mahasiswa PKM hanya sebagai guru sementara mereka dan sudut seragam almamater yang dipakai oleh mahasiswa.

B. Pemecahan

Setelah mengangkat beberapa masalah tersebut diatas, maka penulis memberikan pula beberapa solusinya antara lain :

1. Mahasiswa menjelaskan mekanisme pelaksanaan PKM yang didapatkan pada saat pembekalan kepada guru.

2. Sifat berkelompok murid dapat diatasi dengan menerapkan pembelajaran kooperatif (kerja kelompok). Guru membagi murid kedalam 4-5 kelompok, laki-laki dan perempuan berada dalam 1 kelompok, dengan demikian akan terjadi interaksi antar murid.

3. Murid yang ribut dapat diatasi dengan pengelolaan kelas yang maksimal, pendekatan yang serius kepada murid, penugasan yang melibatkan banyak murid, kerja kelompok.

4. Mahasiswa memberikan penjelasan yang luas kepada murid tentang tugas sementara mahasiswa PKM di sekolah tersebut.



BAB IV

PENUTUP

A. Kesimpulan

Adapun kesimpulan yang bisa diambil setelah hampir 2 bulan melaksanakan PKM antara lain:

1. Dengan adanya PKM ini, mahasiswa dapat memperoleh bekal yang matang untuk pencapaian kompetensi seorang guru karena selama proses PKM banyak metode yang diterapkan, kerjasama antara mahasiswa, komentator dan beberapa guru pamong yang sifatnya mendidik dan membimbing mahasiswa ketika selesai proses implementasi RPP dan refieksi dengan teman teman mahasiswa.

2. Keberhasilan mengajar ditentukan oleh kualitas dan guru. Sebelum mengajar ada perencanaan yang dibahas, kegairahan siswa belajar dengan adanya media, dapat mengoptimalkan waktu seefisien mungkin dengan adanya fase waktu yang ditelah ditentukan sebelum proses belajar mengajar, sehingga menjadi tenaga profesional melaksanakan tugasnya untuk pencapaian hasil belajar yang di inginkan.

3. Pengorganisasian RPP sampai kepada refleksi menunjang kwalitas RPP yang telah dibuat, komentator dan guru pamong melahirkan motivasi mahasiswa untuk belajar dan memperbaiki kekurangan selama proses belajar mengajar, kerjasama antar anggota kelompok menumbuhkan semangat yang tinggi dan rasa percaya din untuk pencapaian tujuan pengajaran.

4. Selama PKM berlangsung indikator pembelajaran dapat diketahui dengan luas setelah proses pengajaran berlangsung, hal ini dapat terlihat dengan menerapkan metode yang kadang bervariasi, hakekat pengajaran dapat terlaksana dengan kemampuan yang dimiliki sehingga benar-benar mantap memberikan pengajaran kepada anak didik.

B. Saran:

Untuk meredam keributan yang dilakukan oleh murid, utamanya murid kelas rendah, ada baiknya para guru pamong sebelum peserta PKM

1. melaksanakan tugasnya, memberi pengertian/penjelasan kepada murid untuk tidak membanding-bandingkan dengan guru asli mereka dengan mahasiswa, sehingga proses PBM berlangsung dengan lancar karena murid antusias mengikuti pengajaran dengan dilandasi hubungan yang harmonis antar murid dengan peserta PKM.

2. Sebaiknya pihak sekolah mengajarkan kepada peserta PKM untuk belajar administrasi atau perkantoran yang berkenaan dengan supervisi, karena ada mata kuliah jurusan PGSD yang memberikan materi supervisi akan tetapi prakteknya kurang terealisasikan guna untuk kemantapan nanti jika sudah berstatus PNS.

3. Sebaiknya ada aturan minimal kehadiran bagi mahasiswa PKM di sekolah sekaligus tercipta rasa silatuhrahim yang erat antar guru dengan peseta PKM.


Total Pageviews

Inpres samata