Business

Latest Updates

Untuk Perkembangan Anak | 10 Manfaat Bermain Catur





Papan hitam putih  mendapatkan citra buruk sebagai hobi orang tanpa kerjaan, yang kalau ditekuni tidak memberi masa depan. Syukurlah citra itu perlahan-lahan hilang dengan tampilnya beberapa anak-anak Indonesia di pentas catur kelas dunia. Penelitian para ahli menemukan kegunaan dari hobi main catur secara teratur.

Satu diantaranya adalah hasil penelitian di negara bagian Texas, AS. Siswa antara kelas 3 dan kelas 5 SD yang tergabung dalam klub catur di sekolahnya memiliki keunggulan dalam hal membaca dan matematika dibandingkan teman-teman sekelasnya. Di Kanada, sebanyak 437 murid kelas 5 diberi tambahan main catur dalam kurikulum pelajaran matematikanya. Mereka dipisahkan dalam 3 kelompok besar dengan jam tambahan main catur berbeda untuk setiap grup. Hasilnya? Kelompok yang jam main caturnya paling banyak ternyata paling mahir dalam soal-soal problem solving masalah-masalah matematika dan juga pemahaman pada soal-soal matematika berbasis cerita.

Artinya, ternyata ada korelasi positif antara main catur dan keunggulan logika, cara berpikir, khususnya dalam matematika dan membaca. Yang terakhir ini membutuhkan bukan saja keterampilan membaca kata per kata, tapi juga melihat dan menemukan cerita secara keseluruhan. Hal itu memang merupakan isu utama dalam catur, apa yang dilakukan pada langkah pertama, akan memberikan pengaruh besar di permainan akhir dan menentukan apakah akan menang atau tidak.
Cerita soal pentingnya catur tidak berhenti sampai di sini. Di Zaire, sebuah negeri di Afrika, murid berumur 16-18 tahun yang diberi latihan catur ternyata memiliki pemahaman lebih tinggi dalam spasial  (ruang), numerik (deretan angka), pengetahuan verbal (bahasa dan kata-kata) serta pekerjaan-pekerjaan administratif. Sebuah hasil penelitian yang melibatkan 100.000 guru di Venezuela menemukan adanya hubungan antara main catur dan kenaikan signifikan angka IQ murid-murid sekolah dasar. Itu berlaku untuk anak lelaki dan perempuan, tak peduli latar belakang kelas sosialnya.

Karena alasan-alasan itulah sudah sejak lama permainan catur dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah dasar di berbagai negara. Dan itu tidak pernah disesali. Propinsi Quebec Kanada, yang pertama kali memasukkan catur ke dalam kurikulum sekolahnya untuk murid kelas 2 sampai 7 (setara 1 SMP), mencetak angka tes matematika tertinggi di Kanada. Negara itu juga mencatat keunggulan tes matematika dibandingkan  tetangganya, Amerika Serikat.

Salah satu juara dunia catur dari Amerika, GM Yasser Seirawan, pernah menulis keuntungan bermain catur berjudul 5R. R pertama adalah writing. Setiap pemain catur sesuai standar FIDE harus menuliskan notasi buah catur yang dimainkannya. Ini melatih disiplin, konsistensi dan pengarsipan. R kedua adalah reading. Untuk bisa menang dari lawannya, setiap pemain catur harus belajar dari partai-partai lainnya, agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. R ketiga adalah arithmetic. Setiap pemain harus bisa menghitung dengan cepat sisa bidak miliknya dan lawannya agar tidak masuk dalam permainan konyol, kehabisan bidak atau perwira lebih cepat dari lawan. Pendeknya, setiap pemain punya 8 bidak dan 6 perwira, plus 1 ratu dan 1 raja.

R keempat adalah responsibility. Tiap pemain sendirian di sana. Tidak ada contekan, tidak ada pembisik, tidak ada sekondan (asisten) yang bisa menolong. Ia harus bertanggung jawab sendirian, memikirkan konsekuensi langkahnya sendirian. R terakhir adalah reasoning atau logika. Mengapa ia memilih maju dan bukan mundur, makan bidak lawan bukan menghindar, menguasai suatu jalur tertentu dan bukan skak lawan, semua ada alasannya. Si anak dalam hidupnya akan terbiasa mendaftarkan sejumlah besar opsi, mencoret beberapa di antaranya dengan segera, menyusunnya dalam skala prioritas, menganalisa, membandingkan satu sama lain dan kemudian dengan kebulatan tekad memilih satu karena yang paling logis dan menguntungkan. (http://ompundaru.wordpress.com)



10 Manfaat bermain catur

1.      CATUR dapat meningkatkan IQ Anda!
     Catur selalu memiliki masalah citra, yang dipandang sebagai permainan untuk brainiacs dan orang-orang dengan IQ tinggi sudah. Jadi ada sedikit situasi ayam-dan-telur: apakah orang pintar tertarik pada catur, atau apakah bermain catur membuat mereka pintar? Setidaknya satu studi telah menunjukkan bahwa mereka bergerak ksatria dan rooks sekitar sebenarnya dapat meningkatkan intelligence quotient seseorang. Sebuah studi dari 4.000 mahasiswa Venezuela menghasilkan kenaikan yang signifikan dalam skor IQ dari kedua anak laki-laki dan perempuan setelah 4 bulan instruksi catur.

2.      CATUR membantu mencegah Alzheimer!
Karena otak bekerja seperti otot, perlu latihan seperti otot bisep atau quad untuk menjadi sehat dan menangkal cedera. Sebuah studi baru-baru ini ditampilkan dalam The New England Journal of Medicine menemukan bahwa orang lebih dari 75 orang yang terlibat dalam otak-peregangan kegiatan seperti catur kurang mungkin mengembangkan demensia dibandingkan non-board-game-rekan mereka bermain. Sama seperti otot un-exercise kehilangan kekuatan, Dr Robert Freidland, penulis studi tersebut, menemukan bahwa jaringan otak yang tidak terpakai menyebabkan hilangnya kekuatan otak. Jadi itulah semua alasan lagi untuk bermain catur sebelum Anda menghidupkan 75.

3.      CATUR melatih kedua sisi otak!
Dalam sebuah penelitian di Jerman, para peneliti menunjukkan ahli catur dan bentuk geometris sederhana pemula dan posisi catur dan diukur reaksi subyek 'dalam mengidentifikasi mereka. Mereka berharap menemukan otak kiri ahli 'yang jauh lebih aktif, tetapi mereka tidak mengharapkan belahan kanan otak untuk melakukannya juga. Reaksi mereka kali dengan bentuk yang sederhana adalah sama, tetapi para ahli yang menggunakan kedua sisi otak mereka untuk lebih cepat merespon pertanyaan catur posisi.

4.      CATUR meningkatkan kreativitas Anda!
Karena belahan kanan otak yang bertanggung jawab untuk kreativitas, itu harus datang tidak mengejutkan bahwa mengaktifkan sisi kanan otak Anda membantu mengembangkan sisi kreatif Anda. Secara khusus, catur sangat meningkatkan orisinalitas. Satu empat tahun penelitian memiliki siswa dari kelas 7 sampai 9 bermain catur, menggunakan komputer, atau melakukan kegiatan lain sekali seminggu selama 32 minggu untuk melihat aktivitas dipupuk pertumbuhan yang paling dalam berpikir kreatif. Kelompok catur dinilai lebih tinggi dalam semua tindakan kreativitas, orisinalitas dengan menjadi daerah mereka terbesar dari keuntungan.

5.      CATUR meningkatkan memori Anda!
Pemain catur tahu - sebagai anekdot - yang bermain catur meningkatkan memori Anda. Menjadi pemain yang baik berarti mengingat bagaimana lawan telah beroperasi di masa lalu dan mengingat bergerak yang telah membantu Anda menang sebelumnya. Tapi ada bukti kuat juga. Dalam sebuah studi dua tahun pada tahun 1985, mahasiswa muda yang diberi kesempatan reguler untuk bermain catur meningkatkan nilai mereka dalam semua mata pelajaran, dan guru-guru mereka melihat memori yang lebih baik dan keterampilan organisasi yang lebih baik di anak-anak. Sebuah studi serupa Pennsylvania anak kelas enam menemukan hasil yang serupa. Siswa yang belum pernah bermain catur meningkatkan ingatan dan kemampuan verbal setelah bermain.

6.      CATUR meningkatkan keterampilan memecahkan masalah!
Sebuah pertandingan catur adalah seperti salah satu teka-teki besar yang perlu pemecahan, dan memecahkan dengan cepat, karena lawan terus mengubah parameter. Hampir 450 kelima siswa kelas dibagi menjadi tiga kelompok dalam studi 1992 di New Brunswick. Grup A adalah kelompok kontrol dan pergi melalui kurikulum matematika tradisional. Grup B dilengkapi matematika dengan instruksi catur setelah kelas pertama, dan Grup C mulai catur di kelas pertama. Pada tes standar, nilai Grup C naik ke 81,2% dari 62% dan melampaui Grup A dengan 21,46%.

7.      CATUR meningkatkan kemampuan membaca!
Dalam sebuah studi yang sering dikutip 1991, Dr Stuart Margulies mempelajari kinerja pembacaan 53 siswa SD yang berpartisipasi dalam program catur dan dievaluasi mereka dibandingkan dengan non-catur-bermain siswa di kabupaten dan di seluruh negeri. Dia menemukan hasil yang pasti bahwa bermain catur menyebabkan peningkatan kinerja dalam membaca. Di sebuah distrik di mana rata-rata siswa diuji di bawah anak-anak rata-rata nasional, dari kabupaten yang memainkan permainan diuji di atasnya.

8.      CATUR meningkatkan konsentrasi!
Master catur mungkin akan turun seperti profesor gila tersebar, tetapi kenyataannya adalah kejenakaan mereka selama pertandingan biasanya hasil konsentrasi penuh bahwa permainan menuntut dan membaik pada pemainnya. Berpaling atau memikirkan hal lain bahkan untuk sesaat dapat mengakibatkan hilangnya pertandingan, sebagai lawan tidak diperlukan untuk memberitahu Anda bagaimana ia pindah jika Anda tidak membayar perhatian. Sejumlah penelitian mahasiswa di AS, Rusia, Cina, dan di tempat lain telah terbukti berkali-kali bahwa kemampuan anak-anak muda untuk fokus dipertajam dengan catur.

9.      CATUR menumbuhkan dendrit (pada sel-sel otak)!
    Dendrit adalah pohon-seperti cabang-cabang yang melakukan sinyal dari sel saraf lainnya ke dalam neuron mereka melekat. Pikirkan mereka seperti antena menangkap sinyal dari sel-sel otak lainnya. Semakin banyak antena yang Anda miliki dan semakin besar mereka, semakin banyak sinyal Anda akan mengambil. Belajar keterampilan baru seperti catur-bermain menyebabkan dendrit tumbuh. Namun pertumbuhan itu tidak berhenti setelah Anda telah belajar permainan, interaksi dengan orang-orang dalam kegiatan menantang juga pertumbuhan dendrit bahan bakar, dan catur adalah contoh sempurna.

10.  CATUR mengajarkan perencanaan dan pandangan ke depan!
Memiliki catur remaja bermain mungkin akan menyelamatkan hidup mereka. Bunyinya seperti ini: salah satu bagian terakhir dari otak untuk mengembangkan adalah korteks prefrontal, daerah otak yang bertanggung jawab untuk perencanaan, penilaian, dan pengendalian diri. Jadi remaja secara ilmiah belum matang sampai bagian ini berkembang. Strategi permainan seperti catur dapat meningkatkan pembangunan korteks prefrontal dan membantu mereka membuat keputusan yang lebih baik dalam semua bidang kehidupan, mungkin menjaga mereka dari membuat pilihan, bodoh berisiko dari jenis yang berhubungan dengan menjadi seorang remaja. (ikran-iwan | 10  bermain catur)




0 Response to "Untuk Perkembangan Anak | 10 Manfaat Bermain Catur"

Post a Comment

Total Pageviews

Inpres samata